Koranriau.co.id-
Jakarta –
Jaringan restoran beef bowl terkenal di Jepang minta maaf usai pelanggan menemukan hal tak terduga dalam makanannya. Ada seekor tikus hitam kecil mengambang di sup miso! Begini kronologinya.
Penemuan hewan atau benda asing dalam makanan dapat membahayakan kesehatan sekaligus menghilangkan selera makan dalam sekejap. Sayangnya karena kelalaian pihak restoran, insiden seperti ini kerap tak terhindarkan.
Jika sudah terjadi, langkah paling tepat bagi sebuah restoran tentu minta maaf dan berbenah diri agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Hal inilah yang dilakukan jaringan restoran beef bowl terkenal di Jepang, Sukiya.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Mengutip Japan Today (24/3/2025), pihaknya merilis permintaan maaf resmi usai temuan tikus di dalam pesanan sup miso pelanggan. Insiden ini terjadi pada Januari 2025 di gerai Tottori City, Prefektur Tottori.
Menurut situs web perusahaan, tikus yang disebut Sukiya sebagai “benda asing” dalam pernyataannya, ditemukan dalam sup miso pelanggan Sukiya Tottori Minamiyoshikata pada 21 Januari 2025.
![]() |
Tikus tersebut diyakini masuk ke sup miso saat pegawai restoran sedang menyiapkan bahan untuk hidangan lainnya. Sementara pegawai lain gagal memeriksa setiap hidangan sebelum menyajikannya kepada pelanggan.
Pelanggan itu pun langsung menyadari keberadaan tikus dan memberi tahu pegawai. Insiden ini membuat gerai Sukiya tersebut tutup 2 hari.
Perusahaan Sukiya lantas melakukan pemeriksaan kebersihan dan menginstruksikan pegawai untuk memeriksa produk secara menyeluruh sebelum menyajikannya.
Pihaknya mengatakan juga akan berupaya memperkuat sistem manajemennya untuk mencegah terulangnya kejadian tersebut. Salah satunya dengan memperketat tindakan pengendalian hama, termasuk penyimpanan sisa makanan dalam lemari es khusus untuk mencegah kontaminasi, seperti dikutip dari Must Share News (24/3/2025).
![]() |
Permintaan maaf pihak Sukiya rupanya tak memuaskan semua lapisan masyarakat. Beberapa pelanggan Sukiya kecewa karena butuh waktu 2 bulan bagi mereka mengakui insiden ini.
Mereka berpendapat seharusnya pihak Sukiya segera minta maaf usai mengetahui insiden ini sehingga tidak menyebabkan kebingungan dan kecemasan di antara pelanggan ketika berita tersebut muncul kembali.
Bloomberg melaporkan bahwa saham Zensho Holdings yang merupakan perusahaan induk Sukiya, telah turun 7,1% sejak Februari setelah insiden tersebut.
“Kami sangat menyesalkan kegaduhan yang ditimbulkan dan dengan tulus meminta maaf kepada pelanggan kami dan semua pihak terkait,” kata perusahaan itu dalam pernyataannya.
“Kami sekali lagi menginstruksikan gerai-gerai di seluruh negeri untuk memeriksa produk secara menyeluruh secara visual sebelum menyajikannya untuk mencegah kontaminasi,” tambahnya.
(adr/odi)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://food.detik.com/info-kuliner/d-7840660/resto-terkenal-ini-minta-maaf-ada-temuan-tikus-mengapung-di-sup-miso