Koranriau.co.id –
Jakarta, CNN Indonesia —
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat 246.127 pelanggan menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KA JJ) untuk pulang kampung pada awal Ramadan 2025. Angka itu dalam periode angkutan 28 Februari hingga 2 Maret.
Vice President Public Relations PT KAI Anne Purba mengungkapkan 125.008 dari 246.127 pelanggan yang menggunakan layanan kereta api jarak jauh berangkat pada 28 Februari.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Kemudian 69.719 penumpang berangkat pada 1 Maret dan 51.400 penumpang berangkat pada 2 Maret.
“Angka ini akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung,” ujar Anne Purba, Sabtu (1/3).
Anne Purba mengatakan tren pulang kampung menjelang Ramadan biasa terjadi. Masyarakat disebut cenderung ingin ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman.
“Sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat,” katanya.
KAI dipastikan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan.
Untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI disebut menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan lebih ramah lingkungan.
Dalam upaya mempercepat proses boarding, KAI memperluas implementasi Face Recognition Boarding Gate di 21 stasiun utama. Teknologi itu memungkinkan pelanggan melakukan boarding lebih cepat dan efisien tanpa perlu menunjukkan tiket fisik dan identitas.
Khusus di bulan Ramadan, PT KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun.
Sekitar 34.400 paket takjil telah disiapkan dan akan didistribusikan di 21 stasiun utama guna memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.
Pelanggan yang ingin melakukan perjalanan selama periode Ramadan diimbau merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta berbagai mitra resmi penjualan tiket.
“Dengan berbagai peningkatan layanan dan komitmen terhadap keberlanjutan, KAI optimistis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan selama periode Ramadan,” Anne menambahkan.
(chri/antara)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20250301095824-92-1203772/pt-kai-catat-246127-penumpang-pulang-kampung-awal-ramadan-2025