Koranriau.co.id-
Bandung –
Oreo resmi meluncurkan kampanye global terbarunya, OREO Space Dunk, dengan kejutan yang tak biasa. Menariknya, biskuit ikonik tersebut diterbangkan ke luar angkasa langsung dari pabrik di Cikarang, Indonesia.
Presiden Direktur Mondelez Indonesia, Parveen Dalal menjelaskan kampanye ini merupakan bagian dari komitmen Oreo untuk terus menghadirkan pengalaman ngemil yang bermakna dan menyenangkan.
“Visi kami di Mondelez adalah memberdayakan masyarakat untuk ngemil dengan benar. Kami ingin menghadirkan pilihan camilan yang tepat, di waktu yang tepat, dan dengan cara yang menyenangkan,” ujar Parveen Dalal saat membuka acara peluncuran yang digelar di Nimo Highland, Pangalengan, Bandung, Jumat (11/4/2025).
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Menurutnya, peluncuran ini bukan sekadar aksi pemasaran, melainkan simbol bagaimana Oreo ingin memicu rasa ingin tahu dan imajinasi, terutama bagi anak-anak Indonesia. Ia menjelaskan salah satu inspirasi dari kampanye ini datang dari orang-orang sekitar kita, yakni seorang perintis dalam hal eksplorasi ruang angkasa di Indonesia, Ann Camaro.
“Menurut saya, Pangalengan itu unik, unik karena dua hal, dua alasan. Pertama, ini adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat Bimasakti. Dan saat malam, Anda akan melihat hubungan antara Bimasakti dan Oreo. Dan tempat ini unik karena satu alasan lagi. Yaitu karena berada di pulau yang sama dengan tempat pembuatan Oreo. Pabrik kami di Cikarang, Indonesia, yang telah beroperasi selama hampir 40 tahun, berada di pulau yang sama,” tambah Parveen.
Peluncuran Oreo ke luar angkasa dilakukan bekerja sama dengan agensi antariksa asal Inggris, Sent Into Space. Prosesnya memakan waktu sekitar satu minggu dan melibatkan pengiriman biskuit Oreo menggunakan wahana khusus ke luar atmosfer.
![]() |
Senior Brand Manager Mondelez Indonesia, Alfin Wirawan menjelaskan Oreo yang dikirim ke luar angkasa itu asli dari Indonesia, dari pabrik di Cikarang yang sudah beroperasi lebih dari 40 tahun.
“Itu asli, itu benar-benar asli dan memang kue dari Oreo ini kita ambil langsung dari pabrik kita di Cikarang, Indonesia, Kemudian kita kerja sama dengan agensi yang namanya Send Into Space Itu asal UK atau British Dan mereka yang membuat aircraftnya dan mereka meluncurkan itu ke galaksi bimasakti,” katanya.
Salah satu momen paling menginspirasi dalam peluncuran ini adalah kehadiran Ann Camaro, pendiri dan CEO Antarexxa Space Global. Dalam sambutannya, Ann membagikan perjalanan hidupnya yang penuh lika-liku, dari seorang anak kecil di Bogor yang suka menatap langit, hingga menjadi figur penting di komunitas antariksa internasional.
“Pada suatu malam, saya melihat ke atas, dan saya melihat Bimasakti dengan sangat jelas. Jadi, ini sangat berbeda dengan bintang-bintang yang berpendar dalam gelap di langit-langit kamar tidur saya. Apakah ini benar-benar luar angkasa? Jadi itulah yang saya lihat. Sungguh ajaib. Ini adalah inti dari Bimasakti. Jadi, jika Anda belum pernah melihatnya dari dekat, saya sarankan Anda untuk melihatnya sebelum Anda mati. Anda harus melihat Bimasakti tepat di depan mata Anda. Ini adalah momen ketika saya tahu bahwa saya ingin bekerja untuk NASA,” kata Ann.
Namun perjalanan itu tak mudah. Ann sempat mengambil jalur pendidikan agama dan seni, jauh dari jalur teknik yang lazim untuk seorang pelaku industri luar angkasa. Tapi justru dari pengalaman lintas sektor inilah ia menemukan kembali panggilan hidupnya membangun jembatan antara Indonesia dan komunitas antariksa global.
“Ruang angkasa bukan hanya roket dan satelit, bukan hanya astronot, tapi ada banyak hal lain yang relevan dengan kehidupan kita sehari-hari di Bumi,” ujarnya.
Kampanye ini tidak hanya tentang produk. Oreo turut mengundang anak-anak dari SOS Children’s Village untuk ikut menyaksikan peluncuran secara langsung, sebagai bagian dari misi untuk menginspirasi generasi muda Indonesia agar berani bermimpi setinggi bintang.
“Dengan menghadirkan figur inspiratif Indonesia yang terkenal dalam bidang luar angkasa, kami ingin menunjukkan bahwa mimpi besar bisa dimulai dari halhal sederhana bahkan dari sepotong biskuit OREO. Kami percaya, anak-anak Indonesia pantas untuk bermimpi setinggi langit dan kami ingin menjadi bagian dari perjalanan mereka,” ujar Direktur Pemasaran Mondelez Indonesia Anggya Kumala.
OREO Space Dunk hadir sebagai ajakan bagi konsumen untuk membayangkan lebih jauh, menjelajah lebih dalam, dan bermimpi lebih tinggi. Kampanye ini akan berlangsung hingga akhir Juni 2025, lengkap dengan aktivasi digital yang bisa diikuti siapa saja. Konsumen pun diajak berbagi keseruan mereka dengan tagar #OREOSpaceDunk dan #OREOMilkywayDunk di media sosial. Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi www.oreospacedunk.com.
(prf/ega)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://food.detik.com/berita-boga/d-7865377/gokil-oreo-made-in-cikarang-terbang-ke-luar-angkasa