AI bantu UKM Indonesia tingkatkan pendapatan
Teknologi

AI bantu UKM Indonesia tingkatkan pendapatan

Koranriau.co.id –

Salesforce baru-baru ini merilis penelitian Small & Medium Business Trends, yang menyajikan wawasan mendalam dari 3.350 pemimpin Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Salesforce baru-baru ini merilis penelitian Small & Medium Business Trends, yang menyajikan wawasan mendalam dari 3.350 pemimpin Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang tersebar di 26 negara mengenai pengimplementasian kecerdasan artifisial (AI) dalam bisnis mereka. Penelitian ini memberikan gambaran tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh UKM dalam mengadopsi teknologi AI untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing mereka.

Wawasan tersebut sangat berharga untuk memahami bagaimana UKM di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, berupaya untuk mengintegrasikan AI ke dalam operasi bisnis mereka guna mencapai pertumbuhan yang lebih baik.

Selain itu, Salesforce juga melakukan survei tambahan yang melibatkan 150 pemimpin bisnis di Indonesia yang berlangsung pada 8-13 November 2024. Survei ini dirancang untuk mendapatkan perspektif lokal tentang penerapan AI dalam bisnis UKM di Indonesia.

Hasil survei menunjukkan bahwa meskipun banyak UKM di Indonesia melihat potensi besar dalam penggunaan AI, mereka masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan infrastruktur teknologi yang belum memadai. Dengan hasil penelitian ini, Salesforce berharap dapat membantu UKM di Indonesia dan negara-negara lain untuk mengatasi hambatan tersebut dan memanfaatkan teknologi AI secara lebih efektif dalam bisnis mereka.

ini menyoroti bagaimana pelaku SMB memanfaatkan AI untuk mendorong pertumbuhan di tengah tren agen AI otonom. Beberapa fakta menarik dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

– SMB telah menggunakan AI. Secara global, sebanyak 75% pelaku SMB mengaku telah melakukan eksperimen atau telah mengimplementasikan AI dalam bisnisnya. AI diakui telah berdampak positif pada perolehan pendapatan, produktivitas, dan pengalaman pelanggan.

– 77% SMB di Indonesia telah menggunakan atau bereksperimen dengan AI.

– Top 3 contoh kasus AI di Indonesia: mesin pencarian berbasis teks, optimalisasi kampanye marketing, dan rekomendasi otomatis bagi pelanggan.

– 97% SMB di Indonesia mengaku implementasi AI dapat meningkatkan pendapatan bisnis mereka.

– 41% pemimpin SMB di Indonesia khawatir perusahaannya menjadi tertinggal jika belum mengimplementasikan AI.

– SMB Bergulat dengan Kompleksitas Teknologi yang Terus Berkembang. Seiring munculnya beragam penawaran solusi teknologi dan kapasitas yang terus bertambah, pemimpin SMB menghadapi tekanan untuk mengelola teknologi dengan efektif.

– 77% pemimpin SMB di Indonesia menyatakan mengikuti perkembangan teknologi penuh tantangan.

– 29% pemimpin SMB di Indonesia menyatakan tidak memiliki waktu yang cukup untuk menguasai seluruh teknologi yang digunakan pada perusahaan mereka.

– 92% SMB di Indonesia menyatakan peningkatan kualitas data berimbas positif kepada peningkatan pendapatan mereka.

– Kepercayaan Konsumen Kunci dalam Era AI. Kepercayaan konsumen berada pada titik terendah pada beberapa tahun terakhir. SMB mulai mencari partner yang berkompeten untuk membantu mereka bernavigasi di dunia digital yang penuh dengan risiko keamanan dan perkembangan teknologi yang pesat.

– 87% SMB di Indonesia akan meluangkan waktu lebih untuk teknologi dengan melibatkan partner yang dapat dipercaya.

– Top 3 kekhawatiran SMB terkait implementasi AI di Indonesia: masalah keamanan, ketidakpercayaan pelanggan terhadap AI, dan masalah etika penggunaan AI.

“Seiring perkembangan AI menuju agen otonomus, SMB kini memiliki kesempatan mengatasi segala tantangan yang selama ini ada dengan bantuan dari tenaga kerja yang tak terbatas. Agen AI secara mandiri dapat menjangkau pelanggan dan mengerjakan pekerjaan rutin di saat yang bersamaan, memungkinkan bisnis kecil bertindak lebih di tengah keterbatasan. Solusi seperti Agentforce 2.0, platform tenaga kerja digital pertama di dunia, menciptakan kesempatan yang sama bagi SMB dengan membuka akses kepada agen AI tepercaya dan dapat dikustomisasi dengan kemampuan yang telah ditanam. Hal ini memungkinkan SMB meningkatkan skalabilitas tenaga kerja dan mampu bersaing dengan perusahaan besar,” kata Iman Muhammad, Country Leader, Indonesia, Salesforce.

Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.tek.id/tek/salesforce-ai-bantu-ukm-indonesia-tingkatkan-pendapatan-b2nhh9tgy

redaksiriau
Redaksi Riau Merupakan Jurnalis Part Time Dari Koran Riau yang bekerja di beberapa media skala nasional di indonesia
https://www.koranriau.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *