Lawan Review Buruk, Pemilik Restoran Buka Rekaman CCTV
Makanan

Lawan Review Buruk, Pemilik Restoran Buka Rekaman CCTV

Koranriau.co.id-



Jakarta

Seorang pemilik restoran mengaku tak terima mendapat ulasan buruk yang tak masuk akal. Bukti rekaman CCTV di restoran jadi saksi untuk memperbaiki bisnisnya.

Akhir-akhir ini marak terjadi ulasan buruk terhadap suatu produk ataupun bisnis kuliner. Kritik tajam yang disampaikan juga tak tanggung-tanggung dilakukan secara publik pada media sosial dan platform lainnya.

Bahkan banyak oknum yang tak dikenal ikut-ikutan melakukan ulasan buruk yang fiktif. Padahal dampak dari ulasan buruk yang diberikan tentu sangat besar terhadap bisnis kuliner yang dituju.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak sedikit bisnis kuliner dibuat hancur gegara ulasan buruk para konten kreator maupun pelanggan. Namun, kini banyak pemilik bisnis yang berani melawan dan membuktikan tuduhan buruk yang diberikan hanyalah karangan.

Lawan Review Buruk, Pemilik Restoran Buka Rekaman CCTVSebuah restoran disoroti gegara berani melawan ulasan buruk pada bisnisnya. Foto: LBC

Jackie Wan, selaku pemilik restoran The Forum Chinese Restaurant di Great Shelford, Cambridgeshire, Inggris, disoroti oleh Leading Britain’s Conversation (15/3) usai melakukan perlawanan. Insiden ini diawali dengan beberapa ulasan buruk yang diterima oleh restorannya pada TripAdvisor, Google, dan atau Facebook.

Wan membuka rekaman CCTV di restorannya dan menjelaskan setiap menit serta kegiatan yang terjadi. Hal ini dilakukan Wan sebab ada pelanggan yang menjelekkan bisnisnya dengan tuduhan porsi makanan yang sedikit, rasa yang tak enak, hingga pelayanan yang dituduh tak memuaskan.

“Udang yang panas dengan nasi putih disajikan pada 18:53:25. Waktu ini menunjukkan kapan udang tersebut mulai masuk ke dalam mulut Anda: 18:54:34 dirimu, 18:54:39 dirimu, 18:54:39 rekan Anda, 18:55:49 rekan Anda, 18:57:11 rekan Anda, 19:01:33 dirimu, 19:02:27 dirimu,” ujar Wan membalas pelanggan yang mengaku hanya mendapat empat ekor udang.

Ia juga menjelaskan bahwa satu porsi menu berbahan udang yang dipesan berisi 7 ekor udang. Sehingga jika dihitung dari rekaman CCTV ketika mereka memakan, persis ada tujuh ekor udang yang dimakan oleh pelanggan dan rekannya tersebut.

Lawan Review Buruk, Pemilik Restoran Buka Rekaman CCTVPemiliknya sampai membuka CCTV dan meluruskan kronologinya. Foto: LBC

Ada juga tuduhan terhadap Wan yang menyebut rasa makanan di restorannya hambar. Lagi-lagi, Wan membuka rekaman CCTV dan menunjukkan setiap pergerakan yang terlihat pada kamera pengawas tersebut.

“Pelayan kami mendekat untuk memeriksa kepuasan pada 19:06:03, bagaimana pun tanda yang kalian berikan adalah bagaimana kalian menikmati makanan dengan menjilat jari, menghabiskan suapan saus terakhir, bahkan mengambil potongan bawang putih yang jatuh ke meja,” balas Wan.

Wan juga memiliki bukti bahwa piring dari pelanggan yang mengeluh makanannya tak enak tersebut justru yang paling bersih. Caranya melawan ulasan buruk tak hanya sekadar membersihkan bisnisnya, ia menyebut pemilik restoran tetap harus berjuang mempertahankan bisnisnya sendiri di era banyaknya pelanggan yang berusaha menjatuhkan melalui ulasan buruk.

“Saya akan lebih senang dengan memberikan ganti rugi berupa makan gratis. Tetapi ada beberapa pelanggan yang tidak akan pernah puas atas apapun yang telah diberikan untuknya. Hal ini yang membuatku kehilangan kesabaran karena saya tidak melakukan hal yang salah,” tutup Wan.

(dfl/odi)

Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://food.detik.com/info-kuliner/d-7828825/lawan-review-buruk-pemilik-restoran-buka-rekaman-cctv

redaksiriau
Redaksi Riau Merupakan Jurnalis Part Time Dari Koran Riau yang bekerja di beberapa media skala nasional di indonesia
https://www.koranriau.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *