Koranriau.co.id-
Jakarta –
Aksi minta ganti rugi karena masalah makanan memang kerap terjadi. Meski beberapa aksi ganti rugi ini ada yang unik sampai bikin kesal sendiri.
Selain keluhan masalah makanan yang dibeli, kebanyakan orang akan meminta ganti rugi jika mereka merasa kurang puas dengan pelayanan atau barang yang diterima.
Akan tetapi ada beberapa aksi ganti rugi yang disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari yang serius seperti menemukan paku berkarat di makanan, sampai aksi ganti rugi yang paling aneh karena makanan yang ingin dipesannya habis.
Berikut lima kisah orang ganti rugi karena makanan dari yang unik hingga menjengkelkan:
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
1. Ganti Rugi Gegara Paku Berkarat
![]() |
Seorang wanita di Singapura, bernama Rong, menuntut ganti rugi sebesar Rp 3,7 juta setelah menemukan paku berkarat di dalam kue walnut yang dibelinya dari Cookhouse by Koufu. Saat menggigit kue, Rong hampir menelan paku berkarat, yang membuatnya langsung menghentikan makan dan melaporkan insiden tersebut ke pihak kafe.
Ia menerima pengembalian uang senilai Rp 16 ribu dan dessert gratis, namun kemudian menuntut kompensasi medis karena mengalami efek samping seperti nyeri kepala, leher kaku, dan trauma.
Rong harus menerima suntikan tetanus, dua kali kunjungan klinik, dan perawatan pengobatan tradisional Tiongkok berupa akupuntur dan pijat. Total biaya pengobatan mencapai Rp 3,7 juta. Ia juga tak bisa bekerja selama seminggu dan masih menunggu tanggapan kafe atas klaim ganti rugi yang diajukannya.
2. Minta Ganti Rugi Gegara Sehelai Rambut
![]() |
Seorang pembeli di Malaysia meminta pengembalian dana penuh setelah menemukan satu helai rambut di plastik pembungkus minuman pesanannya. Meskipun rambut tersebut tidak berada di dalam minuman dan cup-nya tersegel rapat, pembeli tetap mengajukan komplain melalui aplikasi pemesanan makanan.
Pembeli tersebut memesan Teh Black Sugar Pearl dan meminta ganti rugi untuk semua minuman yang dipesan hanya karena satu helai rambut ditemukan di luar plastik pembungkus. Pihak restoran akhirnya harus menanggung kerugian karena aplikasi menyetujui permintaan refund.
Kejadian ini menuai kritik dari netizen yang menilai alasan pengembalian dana tersebut tidak masuk akal dan terkesan dibuat-buat demi mendapatkan minuman gratis. Banyak yang menilai bahwa rambut itu bisa saja berasal dari si pembeli sendiri dan tidak memengaruhi kualitas minuman sama sekali.
3. Ganti Rugi Minuman yang Jatuh
![]() |
Seorang penjual milk tea di Malaysia, bernama Joey dibanjiri kritik dari seorang pembeli yang menuntut ganti rugi atas minuman yang tumpah. Masalah bermula ketika putri pembeli tersebut menjatuhkan milk tea yang dibelinya sebelum sempat sampai ke mobil, karena membawa terlalu banyak barang.
Sang ibu, yang sebenarnya ingin menikmati milk tea itu, menuntut agar Joey mengganti minuman yang tumpah dengan alasan dirinya tidak sempat menikmatinya. Joey menolak karena kesalahan terjadi setelah transaksi selesai dan berada di pihak pembeli.
Ia menyarankan pembelian ulang, namun si ibu bersikeras dan menuduh Joey ingin menipu uangnya. Karena percakapan makin memanas, Joey akhirnya memblokir pembeli tersebut. Kasus ini menjadi sorotan netizen sebagai contoh ekstrem dari permintaan ganti rugi yang tidak masuk akal.
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://food.detik.com/info-kuliner/d-7888404/5-aksi-ganti-rugi-gegara-makanan-yang-unik-hingga-bikin-kesal